Sampai Kapan iPhone Akan Berjaya
iPhone adalah produk premium ponsel yang sedang berada di puncak kejayaan, setiap mengeluarkan varian barunya selalu di beli oleh penggemar nya di seluruh dunia. iPhone bukan hanya sekedar Gadget tapi juga sebagai identitas dan gengsi si pengguna. Tapi ini adalah pandangan sekitar 5 tahun lalu, suatu image yang di bangun sang founder Steve Jobs.iPhone setelah sepeninggal Steve Jobs sangat agresif mengeluarkan varian terbaru dan yang harganya semakin mahal bagi sebagian kalangan. Mungkin membuat banyak pilihan bagi penggemarnya, tapi apakah menambah total penjualan secara total, perlu analisia mendalam.
Seberapa kuatkah para Apple fanboy mengikuti dan membeli produk Apple yang semakin mahal itu, se fanatik apa hingga bisa dan mampu selalu menggunakan update iPhone miliknya hingga selalu menggenggam iPhone keluaran terbarunya.
Harga iPhone terbaru yang mencapai puluhan juta rupiah di Indonesia hingga saat ini masih menjadi barang exclusive dan bergengsi, sebuah karya teknologi yang sebenarnya bisa saja di saingi oleh produk Asia yang juga tidak kalah kekinian dalam hal teknologi yang kekinian. Tentu sebuah pilihan yang remeh bagi kalangan berduit dan cuma jadi nyinyiran bagi yang menganggap sebuah gadget untuk berkomunikasi bisa semahal itu.
iPhone harus bercermin dari kejatuhan Nokia dan blackberry, bahwa tidak selamanya market akan setia dengannya, apalagi tidak ada hal baru yang menjadi bahan jualan Apple. Varian yg terlalu banyak sebaiknya di kurangi, dan memperhatikan market yang tidak selalu mampu meng update iPhonenya setiap 6 bulan sekali. Hal yang pasti jika sudah berada lama di puncak kejayaan hanya jalan menurun lah yang di hadapi pihak produsen ponsel, seperti brand brand lawas yang tidak mampu mempertahankan posisinya hingga terjungkal dan lenyap karena ulahnya sendiri.
No comments:
Post a Comment