Tehnik Clickbait Makin Sering Di lakukan Media Online.
Persaingan antar portal berita online semakin dahsyat, mereka berlomba lomba mendapatkan viewer sebanyak banyaknya, bahkan banyak yang menghalalkan segala cara, dan yang paling sering di lakukan dengan menggunakan tehnik Clickbait pada judul berita mereka dengan maksud memancing rasa penasaran netizen untuk mengklik dan mengunjungi website berita mereka, dan konyolnya ada yang membuatnya sampai 5 bagian dari berita sampah tersebut.
Mengapa masih terjadi di saat hal ini sudah sering di bahas oleh pengamat media di berbagai kesempatan, bahwa jangan terjebak dengan berita dengan judul yang berlebihan, dan faktanya adalah masih laku sampai sekarang tehnik Clickbait tersebut. Sampai sekarang rasa kepo netizen Indonesia masih bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh para media.
Menurut para praktisi media mengapa hal ini masih saja dilakukan adalah karena penghasilan media online sangat tergantung dari jumlahnya viewer halaman berita mereka, walau hanya sebentar mampir, tapi pengunjung tersebut masuk hitungan sebagai viewer yang bisa sebagai modal dalam bernegosiasi dengan para pemasang iklan.
Para penulis juga akan mendapat bonus yang lumayan besar jika beritanya di kunjungi banyak pembaca, bonus ini tentu sangat berarti nilainya bagi seorang kontributir media online yang penghasilan sangat bergantung berita yang mereka buat. Jadi sampai kapanpun tehnik Clickbait pada berita online masih ada sampai pembaca bosan dan tidak terlalu kepo dengan urusan orang lain seperti selebriti atau berita aneh lainnya.
No comments:
Post a Comment